Apa itu Tes Toefl PBT, CBT, dan iBT ?

JIMAT TOEFL. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan tes bahasa asing untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang yang mencakup : Listening Comprehension (Pemahaman dalam Mendengarkan), Structure and Written Expression (Struktur dan Ungkapan secara tertulis berkaitan dengan English Grammar atau Tats Bahasa Inggris), Reading Comprehension (Pemahaman Bacaan), Writing (Menulis).

Toefl terdiri dari tiga model, yaitu :

1. Paper-Based TOEFL (PBT), adalah tes TOEFL menggunakan kertas  dan pencil dalam mengerjakan soal dengan skor penilaian berkisar antara 310-677. Ini merupakan tes TOEFL yang paling banyak dan lazim digunakan saat ini.

2. Computer-Based TOEFL (CBT) adalah tes TOEFL yang menggunakan komputer sebagai alat bantu mengerjakan dengan skala penilaian berkisar antara 0-300. Model ini juga disertai video dalam Listening Comprehension sehingga Anda dapat lebih memahami arah pembicaraannya.

3. TOEFL iBT (Internet Based Test),merupakan inovasi terbaru dari uji kemampuan bahasa Inggris yang dibuat oleh ETS. Tes ini mencakup beberapa bagian tes yang boleh dikata sangat berbeda dengan TOEFL PBT maupun TOEFL CBT. Agar bisa mengerjakan soal tes, tempat ujian anda harus memiliki fasilitas komputer yang terhubung dengan internet. Secara umum ada empat kemampuan dasar bahasa inggris yang diujikan yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Masing-masing bagian bernilai 30 poin sehingga total nilai yang dapat dicapai peserta adalah 120, bukan 677 seperti pada TOEFL PBT.

Akhir-akhir ini penyelenggara tes TOEFL juga mengadakan jenis tes Test of Written English (TWE) yang hasil nilainya terpisah dari nilai tes TOEFL. Tes ini memakan waktu selama 30 menit, dan peserta akan diminta untuk menuliskan karangan singkat yang menggambarkan mengenai kemampuan peserta untuk mengekspresikan dan menuangkan suatu gagasan atau ide, serta mendukung gagasan itu dengan contoh-contoh yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris yang standar.


2 komentar:

  1. Dimana sy bisa mengikuti Test of Written English? Sy tinggal di Kota Kendari, penyelenggara TOEFL Test di kota ini tidak mengadakan TWE. Thanks a lot...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kamu cek disini http://www.itc-indonesia.com/index.php/en/ Kalo nggak ngerti tanya aja di "Contact Us" atau lihat "FAQ".

      Hapus